traveling-hemat-dengan-osaka-amazing-pass
Jepang, Tips

Traveling Hemat Dengan Osaka Amazing Pass

Masih dalam cerita perjalanan saya sewaktu main ke Jepang, tepatnya di kota Osaka. Untungnya kota teramai kedua di Jepang ini sudah sangat siap untuk menyambut pelancong yang berkunjung, khususnya yang ber-budget tipis seperti saya. Tersedia bermacam travel pass yang dirancang untuk kenyamanan dalam menjelajah kota Osaka. Salah satu yang akan dibahas adalah Osaka Amazing Pass.

osaka-castle-cosplay
Osaka Castle, destinasi wajib sejuta umat first timer Jepang.

Sebagai budget traveler atau kata lainnya adalah irit. Saya selalu mencari cara untuk dapat menang banyak dalam setiap kegiatan perjalanan. Mulai dari merancang rute tujuan yang dikunjungi secara efektif, hingga selektif dalam menentukan mau makan apa ya hari ini. Walaupun yaaa, namanya tempat wisata, selalu ada saja energi yang dapat menarik uang keluar dari kantong dengan mudahnya.

Salah satu yang sempat saya coba adalah Osaka Amazing Pass. Maklum sebagai insan yang kurang piknik, menurut saya kartu ini sangat canggih bin ajaib.

Osaka Amazing Pass
Osaka 1 Day Amazing Pass. Best deal for explore entire Osaka touristic spot in just one single day.

Lho kok bisa canggih bin ajaib, memang apa keistimewaan dari kartu ini?

Jadi gampangnya, Osaka Amazing Pass ini adalah satu kartu yang bisa kamu gunakan untuk naik transportasi umum semacam subway (kereta bawah tanah), new tram, bus yang ada di area Osaka. Sekaligus dapat digunakan sebagai tiket masuk ke 35 fasilitas tertentu yang terdapat pada buku panduan. Fasilitas kece yang dapat kamu kunjungi gratis dengan travel pass ini antara lain, Osaka Castle Main Tower, Floating Garden Observatory, Santa Maria Sailing Ship, Tempozan & HEP Five Feris Wheel, Umeda Sky Building, dan banyak lagi.

feris-wheel-tempozan
Yang masa kecilnya kurang bahagia jangan malu buat naik bianglala ini. Lumayan bisa lihat pemandangan kota dari ketinggian.

Untuk Osaka Amazing Pass ini sebenarnya terbagi menjadi 2 varian, yaitu 1 Day Pass  (2,500 Yen), dan 2 Day Pass (3,300 Yen). Masa aktif travel pass ini cukup unik, dihitung dari waktu pertama kali kamu menggunakannya (untuk naik kereta atau masuk tempat wisata), hingga tengah malam pada hari yang sama atau hari berikutnya untuk yang 2 Day Pass (pukul 23.59 teng!). Setelah itu kayaknya travel pass itu tidak akan berfungsi deh.

Contohnya nih, saya beli yang 1 Day Pass di tanggal 1 Januari 2018 pukul 19.00 tapi kartu itu cuma saya simpan. Keesokan paginya (2 Januari 2018) saya tap in masuk stasiun Namba pada pukul 9.00. Nah, pada saat ini travel pass saya sudah berjalan masa aktifnya, dan akan habis pada nanti tengah malam. Makanya, sebelum semua itu habis tidak bersisa, mari kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Yang pasti Osaka Amazing Pass ini adalah salah satu solusi cerdas dan bijaksana untuk berhaha-hihi di Osaka. Selain ngirit, praktis juga sih. Gak perlu repot antri beli tiket subway, atau tiket masuk ke tempat wisata. Berikut saya buatkan tabel perbandingan budget antara pakai Osaka Amazing Pass dan yang tidak pakai.

Osaka Amazing Pass Comparison
Perbandingan Harga Osaka Amazing Pass 1 Day. Hemat mana hayo?

Untuk membeli Osaka Amazing Pass dan juga travel pass yang lain sangat mudah. Kamu bisa mampir ke Kansai Tourist (ciyeee tourist) Information Center seketika kamu mendarat di Kansai International Airport. Bisa juga kamu beli Tourist Information Osaka/Namba, stasiun Subway/New Tram yang tersebar di kota Osaka. Kalo saya kebetulan belinya di Wasabi Guesthouse tempat saya menginap.

Selain Osaka Amazing Pass, masih banyak lagi varian travel pass yang bisa manfaatkan untuk menjelajah Osaka (atau daerah Kansai). Seperti Kansai Thru Pass, Kyoto-Osaka Sightseeing Pass, dan lain sebagainya. Beda travel pass pasti beda pula fungsinya. Semua disesuaikan dengan bagaimana rencana perjalanan yang kamu inginkan sebelumnya.

Travel pass sudah di tangan, sekarang apa lagi yang dibingungkan? Galau mau main kemana aja? Hehehe, jangan sedih. Setiap pembelian Osaka Amazing Pass akan dibekali buku panduan yang berisi informasi lengkap tentang tempat wisata di Osaka. Termasuk contoh rute yang asik menggunakan travel pass tersebut. Pokoknya jangan malas baca yaaa.

harga-osaka-amazing-pass-2018
Paketan ketika membeli Osaka Amazing Pass. Jauhkan kartu dari magnet | Image : www.osaka-info.jp

Informasi tentang Osaka Amazing Pass klik disini. Bisa juga buat kamu yang hendak menyusun rute jauh-jauh hari sebelumnya.

Jadi? Mau tempat kemana saja ketika kamu di Osaka? Tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Arief Hermanto

The important thing is not to stop questioning. Curiosity has its own reason for existing. -Albert Einstein

Leave a Reply